Start from the small thing

Posted: November 2, 2011 in Lingkungan
Tags:

Di era sekarang pembangunan merajalela. Manusia membangun gedung-gedung tinggi di semua lapak tanah. Mulai dari Pusat perbelanjaan, kantor-kantor, dan gedung-gedung lainnya. Tapi sayangnya, para manusia lupa sama kodrat alamnya: bahwa bumi butuh tumbuhan, hutan, dan tempat bersih tanpa polusi. Tumbuhan jadi benda yang sangat langka, dan pohon besar nggak ada sama sekali. Sedangkan jumlah sampah terus bertambah dan menumpuk dimana-mana. Situasi ini membuat bumi menjadi tempat yang berbaya karena kadar racunnya tinggi.

Sebelum keadaan ini menjadi parah marilah kita mulai revolusi hijau kecil-kecilan mulai dari diri kita sendiri. hal-hal kecil apa saja yang perlu kita lakukan, dan bisa terus kita lakukan bersama demi kelangsungan hidup bumi kita tercinta ini.

Hal-hal kecil yang dapat kita lakukan misalnya adalah membuang sampah pada tempatnya, melakukan penghematan listrik, menghemat Bahan Bakar Minyak dan masih banyak lagi. Mungkin kita sering mendengar atau memmbaca “Buanglah Sampah Pada Tempatnya”. Tetapi apakah kita sudah melakukan hal yang kita anggap sederhana tersebut? Maybe NO maybe YES. Kadang-kadang untuk sampah yang besar kita ingat, tetapi jika sampahnya kecil seperti sobekan kertas, plastik, atau bungkus snack, kita membuangnya begitu saja. Contoh kecilnya saja saat kita di kampus Jika kita berada di ruangan, maka kita taruh sampah tersebut di kolong meja.

Dengan adanya contoh kasus di atas, Itu menandakan bahwa yang terpenting adalah kesadaran diri. Usia tidak berpengaruh pada sikap seseorang. Yang paling berpengaruh adalah kesadaran. Itu yang paling penting. Begitu juga dengan penggunaan listrik dan air. Kita selalu menganggap bahwa lebih banyak orang yang menggunakan air lebih banyak dari diri kita sendiri sehingga kita berpikir kalaupun kita menghemat, tetap saja tidak akan berguna. Itu adalah pemikiran yang salah. Jika semua orang berpikir itu, maka tidak akan ada yang berhemat bukan?

Kita harus membiasakan berpikir positif. Jangan menunggu orang lain untuk berbuat hal kebaikan. Untuk itu, maka untuk menjaga lingkungan Bumi kita yang tercinta ini, lakukanlah suatu hal yang kecil karena sesuatu yang besar itu tidak ada sebelum ada hal yang kecil. Jika hal kecil itu dilakukan oleh banyak orang, maka hal kecil itu akan menjadi hal yang besar. Jika seribu orang membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan, maka daerah tersebut akan menjadi bersih. Tetapi jika seribu orang membuang sampah sembarangan, maka tentunya daerah itu akan sangat kotor sekali.

Jadi, janganlah pernah meremehkan hal-hal kecil seperti menghemat listrik, menghemat air, menghemat BBM, atau membuang sampah pada tempatnya. Lakukan mulai dari diri sendiri lalu tularkanlah pada orang-orang disekitar anda

 

Comments
  1. budee says:

    ijin kopi gan..😀

  2. adHe says:

    betul sekali gun kita harus mulai dari hal-hal yang terkecil🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s