Teknologi Ramah Lingkungan

Posted: November 2, 2011 in Lingkungan
Tags:

Penggunaan teknologi ramah lingkungan pada dasarnya harus sudah bisa dimaksimalkan pada berbagai bidang, namun hingga saat ini masyarakat cenderung lebih memilih menggunakan teknologi yang pemakaiannya lebih mudah dan cepat walaupun teknologi yang dipilih itu tidak ramah lingkungan. Sementara pengertian teknologi ramah lingkungan sendiri adalah teknologi yang memproteksi lingkungan, mengurangi daya polusi, menggunakan semua sumber daya secara berkelanjutan, mendaur ulang lebih banyak produk dan limbahnya, dan menangani sisa limbah dengan cara yang benar.

Lalu bagaimana cara kita untuk memanfaatkan teknologi ramah lingkungan untuk menjaga bumi ini? Itu semua mudah untuk dilakukan. Mulai dari hal – hal terkecil saja terlebih dahulu seperti pada bidang pertanian agar mengurangi pemakaian pestisida maupun pupuk kimia yang berlebihan dengan menggunakan pupuk kompos dan kandang yang ramah lingkungan dan tidak merusak tanah. Serta mengganti penggunaan traktor dengan kerbau dalam membajak sawah. Selain biaya perawatan kerbau yang murah kotarannya pun bisa dijadikan sebagai Biogas.

Selanjutnya dalam bidang rumah tangga, kita bisa menggunakan sapu lidi untuk membersihkan debu yang menempel pada karpet daripada menggunakan vacum cleaner yang membutuhkan listrik dan jadi tidak ramah lingkungan. Selain sapu, ulekan pun alat yang ramah lingkungan. Ulekan bisa digunakan ibu rumah tangga untuk menghaluskan bumbu dan mengganti pemakaian blender yang harus memakai tenaga listrik.

Sadar ataupun tidak sebenarnya berjalan kaki dan bersepeda itu menyehatkan dan termasuk ramah lingkungan. Selain itu juga, dengan kita semakin sering berjalan kaki atau bersepeda secara tidak langsung kita telah membantu mengurangi polusi udara. Tetapi karena kebiasaan dalam menggunakan kendaran bermotor dan fasilitas yang kurang memadai bagi para pejalan kaki dan pesepeda, maka orang – orang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan bermotor. Sekarang ini, pemerintah pusat maupun daerah telah menyelenggarakan program car free day di beberapa daerah atau kota besar dalam usaha untuk mengurangi polusi dari kendaraan bermotor yang tinggi. Namun sayangnya, program tersebut belum terlaksana secara maksimal.

Hingga saat ini, kebanyakan orang tidak memilih teknologi ramah lingkungan karena memerlukan tenaga dan waktu yang lebih dan ada juga sebagian teknologi ramah lingkungan yang mahal. Seperti contohnya fasilitas yang kurang memadai bagi para pejalan kaki dan pesepeda yang membuat mereka tidak nyaman. Juga karena banyak trotoar yang digunakan menjadi tempat berdagang para penjual kaki lima, dan motor yang suka menggunakan trotoar seenaknya dalam menghindari kemacetan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s